Bagi beberapa orang tua, mendesain atau dekorasi kamar anak merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, kita bisa bebas berkespresi menggunakan imajinasi kita saat mendekorasi kamar anak. Mulai dari wallpaper lucu, benda-benda unik, hingga menggunakan rumput sintetis sebagai karpet atau penutup lantai pun sah-sah saja dilakukan. Nah, bagi para orang tua yang tengah mencari inspirasi untuk mendekor kamar putra/putrinya, silakan cek beberapa ide tema dekorasi kamar anak yang ciamik berikut ini.

Hutan

Tema jungle atau hutan banyak dipilih oleh orang tua dalam ketika mendekorasi kamar anak dan bisa digunakan baik untuk anak lelaki maupun perempuan. Kita bisa mulai dengan menghias dindingnya menggunakan wallpaper atau cat warna hijau untuk melapisi dindingnya. Bila sedikit memiliki bakat seni, boleh loh coba menghias dinding dengan lukisan pohon atau rerumputan. Mau suasana yang lebih otentik? Coba gunakan saja rumput sintetis untuk menutupi lantai kamar. Lengkapi suasana hutan dengan memilih perabotan seperti tempat tidur dan lemari yang terbuat dari kayu, serta boneka-boneka hewan.

Luar angkasa

Tema luar angkasa biasanya dipilih untuk menghiasi kamar anak lelaki. Pilihlah cat warna kelabu atau biru tua untuk menghiasi dinding kamar. Agar menarik, hiasi juga dengan wall sticker/decal atau lukisan benda-benda langit seperti gugusan planet dan bintang. Mau lebih ekstrim lagi? Buatlah semacam space station, meja dengan beragam hiasan tombol yang ada di dalam pesawat ulang alik, untuk menghiasai kamar yang juga bisa dipakai untuk meja belajar. Untuk sentuhan akhir, pillihlah lampu proyektor yang bisa memproyeksikan bintang-bintang di kamar anak.

Fairytale dan Princess

Warna pink atau ungu biasanya menjadi warna dominan di kamar yang cocok untuk anak perempuan ini. Jangan lupa hiasi tempat tidur dengan kelambu yang menjuntai dari langit-langit kamar sehingga benar-benar terasa seperti tempat tidur seorang putri. Agar lebih menarik, tambahkan juga lukisan kastil serta bunga dan kupu-kupu pada dinding.

Bajak laut

Tenang saja, kamar dengan tema bajak laut ini jauh dari kesan seram para bajak laut sungguhan. Agar sesuai dengan suasana laut atau pantai, cat dinding dengan gradasi warna biru, dan hiasai dengan sticker atau lukisan burung camar. Hiasi juga dinding dengan ban pelampung kecil lengkap dengan tali tambangnya. Untuk tempat tidur kreasikan dengan memberikan hiasan anjungan kapal pada ujung tempat tidur, dan juga teropong mainan.

Nah, bagaimana sudah mendapatkan inspirasi untuk mendekorasi kamar anak? Selamat berkreasi! (Raw)