Setiap calon ibu pasti ingin bayinya lahir dengan sehat tanpa kekurangan satu apapun. Bayi sehat sejak dari masa kandungan hingga lahir dipengaruhi oleh kesehatan sang ibu. Karena itu, para calon ibu pastinya akan selalu berusaha untuk menjaga kesehatannya selama masa kehamilan, agar bayi juga selalu sehat. Beberapa langkah pun dilakukan oleh para calon ibu demi tubuh yang sehat dan kuat hingga masa kelahiraibu sehat, bayi sehatn menjelang.

Berikut hal-hal yang bisa calon ibu lakukan untuk menjaga kesehatannya.

  • Menjaga makanan

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentunya harus mengandung segala nutrisi dan protein yang diperlukan. Ini tidak hanya untuk kesehatan sang ibu namun juga janin yang dikandungnya. Perbanyak konsunsi buah dan sayuran merupakan salah satu cara untuk menambah asupan nutrisi tersebut. Sementara itu, beberapa kebiasaan makanan tidak sehat yang biasa dikonsumsi sebelum hamil, sebaiknya dihindari. Beberapa makanan ini misalnya saja fast food, processed food, serta makanan mentah atau setengah matang. Beragam makanan tersebut tidak hanya berbahaya bagi calon ibu namun juga janin yang dikandungnya.

  • Olahraga

Hamil seharusnya tidak menghangi calon ibu untuk berolahraga. Justru, olahraga penting sekali untuk menjaga tubuh tetap bugar serta kuat. Namun olahraga yang dilakukan tentunya jangan pilih yg terlalu ekstrem. Calon ibu bisa memilih senam hamil atau yoga yang tidak terlalu menguras tenaga namun tetap bisa menjaga tubuh tetap sehat. Yoga bahkan juga bisa membantu mengurangi stress yag kadang terjadi pada pada calon ibu. Untuk lebih yakin, calon ibu bisa lebih dulu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

  • Konsultasi dan pemeriksaan rutin

Untuk selalu update dengan kondisi tubuh ibu dan bayi, selalu lakukan pemeriksaan dan konsultasi rutin dengan dokter kandungan. Lewat pemeriksaan ini, calon ibu bisa mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Tindakan pun bisa dilakukan segera ketika terjadi sesuatu yang tidak benar atau membahayakan pada calon bayi. Konsultasi dengan dokter kandungan membantu calon ibu bila terdapat hal-hal yang membingunkan, terutama pada kehamilan pertama. Perlu diketahui, beda orang beda juga kondisi saat kehamilannya. Sehingga, tidak selamanya saran dari orang tua atau buku bisa diterapkan pada semua orang. Konsultasi dengan dokter merupakan solusi paling tepat untuk hal tersebut, bahkan bisa juga untuk mengetahui cara perawatan bayi baru lahir. (Raw)