Pusing karena tagihan listrik di unit properti Indonesia yang Anda huni selalu naik setiap bulannya? Hmm, mungkin Anda perlu berhemat untuk menurunkan jumlah pengeluaran rutin bulanan. Hemat listrik bisa dimulai dari mana saja, bisa dari mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu atau bahkan mematikan perangkat elektronik yang jarang digunakan.

Salah satu cara termudah untuk menghemat pengeluaran listrik adalah dengan meminimalisir penggunaan kulkas atau mesin pendingin. Kulkas merupakan benda elektronik yang harus tetap menyala setiap harinya. Jadi, Anda perlu mengetahui beberapa trik supaya pengeluaran untuk biaya listrik kulkas lebih hemat dan tidak membengkak di akhir bulan. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Biaya listrik di rumah

Biaya listrik di rumah

  1. Atur peletakan kulkas. Sebisa mungkin, jauhkan kulkas dari ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Panas dari matahari bisa mempengaruhi temperatur kulkas sehingga akan menaikkan penggunaan listrik. Jauhkan pula kulkas dari microwave, oven, dan juga kompor.
  2. Jangan membuka pintu kulkas lama-lama. Dinginnya suhu di dalam kulkas membuat Anda suka berlama-lama di depan kulkas untuk menyejukan diri. Padahal, ketika pintu kulkas terbuka, penggunaan daya pun akan meningkat.
  3. Semakin dingin suhu yang dipakai pada lemari es, maka penggunaan listriknya juga semakin tinggi. Jadi, Anda harus mengatur penggunaan temperatur kulkas dengan suhu standar, yaitu sekitar 2 hingga 4 celcius.
  4. Jangan masukan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Ketika sebuah makanan yang memiliki panas dimasukan ke dalam kulkas, maka suhu dari makanan akan menaikan suhu di dalam kulkas. Dengan demikian, kulkas harus bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu.
  5. Atur makanan di dalam kulkas agar sirkulasi udara berjalan lancar. Dengan pengaturan seperti itu, maka setiap makanan yang disimpan di dalam kulkas bisa terkena suhu yang sama. Selain itu, usahakan untuk tidak menyimpan makanan yang memiliki bau karena baunya bisa mempengaruhi makanan lain di dalam kulkas.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulkas secara berkala agar kebersihannya tetap terjaga dan untuk mengurangi pertumbuhan jamur di dalamnya. Nah, semoga tips tadi bermanfaat bagi Anda, ya. (TR)