Seorang screenwriter dan produser dari Esplanade Productions melayangkan tuntutan pada Walt Disney Pictures, mengatakan bahwa studio tersebut telah mencuri ide mereka pada film animasi yang berjudul Zootopia. Hmm, pelik sekali ya. Buat kamu yang suka menonton film animasi di bioskop dan tv kabel, coba deh simak informasi berikut, ini!

Gary L. Goldman, yang namanya telah terkenal melalui film adaptasi berjudul Total Recall, Minority Report, dan juga Big Trouble in Little China, mengisi tuntutan untuk pelanggaran hak cipta di pengadilan Los Angeles. Dalam tuntutannya, Goldman menuliskan bahwa Disney mencuri idenya; sebuah konsep yang ia tawarkan ke Disney pada tahun 2000 dan 2009. Goldman menemukan kemiripan yang sangat substansial antara konsep yang ia buat dengan film Zootopia tersebut. Ia merasa dicurangi, karena Disney dulu menolak mentah-mentah ide cerita yang ia tawarkan.

Film Animasi, Zootopia

Di sisi lain, Disney pun menolak klaim tuntutan dari Goldman. Seorang representatif dari studio animasi ini mengatakan bahwa tuntutan dari Goldman sangat tidak berdasar. Goldman disebut sebagai orang yang oportunis, mencari keuntungan dari kesuksesan Zootopia yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan Goldman. Disney mengatakan bahwa pihaknya akan melayangkan tuntutan balik.

Lantas memangnya semirip apa sih Zootopia versi Goldman dengan Zootopia milik Disney?

Nah, Goldman mengatakan bahwa konsep Zootopia yang ditawarkan ke Disney bercerita tentang eksplorasi kehidupan masyarakat Amerika melalui kehidupan sipil para hewan. Sementara itu, Zootopia versi Disney mengangkat tema serupa yakni tentang perjalanan seorang kelinci untuk menjadi anggota kepolisian yang disegani di mana predator dan juga hewan buruannya hidup berdampingan. Film Zootopia garapan Disney mendapatkan penghargaan Best Animated Feature dalam ajang Academy Awards.

Dalam Disney film, Ginnifer Goodwin memerankan karakter kelinci, Judy Hoops, yang berperang untuk membuka konspirasi perburuan bersama seorang rubah (diperankan oleh Jason Bateman) yang mengancam perdamaian di kota mereka. Goldman mengatakan dalam tuntutannya bahwa versi Zootopia asli miliknya melibatkan tupai bernama Mimi dan Hyena bernama Roscoe.

Hingga berita ini diturunkan, masih tidak jelas berapa banyak ganti rugi yang diminta oleh Goldman dan juga tim produksinya dari Esplanade. Goldman juga meminta pihak pengadilan untuk memblok Disney dari project “Zootopia” lain di masa depan sampai kasus ini diselesaikan. – Tari