Semua hal pasti memiliki aturan. Tanpa adanya aturan, maka kita akan bebas melakukan apapun, dan tidak menutup kemungkinan suatu saat kita akan kebablasan dan tak terkendali. Hal inipun berlaku ketika kita memanfaatkan teknologi internet cepat. Sama seperti tujuan dasarnya, aturan ini dibuat agar para pengguna internet dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal namun masih tetap terkendali.

Menggunakan Internet

Sebenarnya, ada beberapa aturan baku yang tercantum dalam UUITE mengenai penggunaan teknologi informasi, termasuk internet. Namun, ada juga beberapa etika saat menggunakan internet yang meskipun tidak tercantum, namun sebaiknya diketahui oleh masyarakat.

  • Waspada saat membahas SARA

SARA (Suku, Agama dan Ras) adalah topik yang sangat sensitif sekali. Sekali saja kita melakukan kesalahan saat membahas topik ini, maka bersiaplah menerima serangan dari berbagai pihak. Tidak hanya dalam dunia maya saja, bisa jadi serangan ini juga akan kamu terima dalam dunia nyata. Jika kamu ingin membahas sesuatu tentang agama yang kamu percayai, maka pastikan bahwa tulisanmu tidak menyinggung pihak lain. Begitu pula ketika ingin membahas tentang suku atau ras.

  • Jangan sembarangan menggunakan fitur location

Banyak sekali pengguna social media yang saat ini menggunakan fitur location. Akibatnya, semua teman di social medianya akan mengetahui dimana dia berada sekarang. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini sangat berbahaya. Apalagi jika kamu selalu mengupdate lokasimu berada setiap kali kamu pergi dengan lokasi detail (alamat, gedung, dsb). Hal ini akan membuat orang yang berniat buruk padamu mudah untuk menemukanmu.

  • Gunakan bahasa yang baik

Sebisa mungkin, gunakanlah bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh semua orang yang membaca ketika kamu menulis status. Apalagi, jika statusmu ini ditujukan untuk seseorang. Hindari penggunaan kata kasar, karena hal ini bisa memicu rasa sakit hati dari lawan bicaramu. Atau menggunakan bahasa alay dengan pola penulisan aneh yang membuat orang sakit mata saat membacanya.

  • Jangan sembarangan memposting foto

Selalu ingat bahwa saat ini teknologi sudah semakin canggih. Foto apapun bisa diedit menjadi foto lain dan digunakan untuk berbagai hal, dari yang positif hingga negatif. Itulah sebabnya, kamu harus sangat waspada saat memposting foto apapun pada social media milikmu.

Meskipun tidak ada batasan menggunakan internet, namun jangan lupa bahwa ada etika-etika yang mesti Anda patuhi demi keamanan Anda juga! Semoga bermanfaat yah dan membuat kita lebih bijak dalam menggunakan layanan internet. (Vita)