Jerawat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi setiap perempuan. Pasalnya, jerawat bisa muncul tiba-tiba, tidak peduli dengan pembersih kulit wajah terbaik yang kita gunakan. Tentunya sangat menyebalkan sekali, ya! Ketika sudah dandan cantik, eh ternyata ada jerawat yang muncul dan menghancurkan penampilan kita. Ugh, kesal rasanya!

Nah, untuk menghalau kemunculan jerawat jauh-jauh dari wajah kita, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk diterapkan di rumah. Simak tipsnya:

Cara mencegah jerawat

Cara mencegah jerawat

Hindari menggunakan kuas rias yang sudah lama dipakai

Sama halnya dengan produk kecantikan kita yang memiliki batas umur tertentu sebelum akhirnya kedaluarsa, kuas rias pun demikian lho. Mengapa demikian? Pasalnya, kuas rias ini selalu kita pakai setiap hari dan jarang dibersihkan hingga benar-benar steril sehingga menjadi sarang bakteri dan kotoran. Belum lagi kalau satu kuas dipakai untuk berbagai produk kecantikan yang beda bahan. Wah, nggak heran deh kalau kulit wajah kita tiba-tiba saja timbul jerawat tanpa disadari. Hmmm, bisa jadi itu karena kuas rias kita sudah butuh diganti, tuh!

Memegang atau mengusap wajah dengan tangan langsung

Sebenarnya, membersihkan wajah dengan tangan bukanlah hal yang mustahil dan tidak boleh dilakukan. Tapi, kita tanpa sadar sering mengusap muka ketika sedang berkeringat dan dengan telapak tangan yang ‘kotor’. Dibilang kotor, karena kita tidak tahu mikroorganisme apa yang sudah melekat di sana. Hii, kurangi kebiasaan ini, yuk. Lebih baik lap atau bersihkan wajah dengan handuk kering atau dengan sapu tangan lembut yang bersih.

‘Menyikat’ wajah secara sering

Proses eksfoliasi dengan menggosok kulit wajah agar kotoran di dalamnya bisa terangkat ternyata membuat pori-pori wajah kita membesar, lho. Memang, scrub sangat bermanfaat untuk wajah, tapi jika dilakukan secara sering justru akan membawa masalah kulit yang lebih berbahaya lagi. Contoh sederhananya adalah jerawat. Untuk itu, selalu gunakan jeda untuk scrubbing, Aturlah penggunaannya sekitar satu bulan sekali.

Nah, tiga cara di atas merupakan cara paling sederhana untuk menghalau kemunculan jerawat di wajah kita. Langkah-langkah lainnya, tentu saja bisa dimulai dari menjaga pola makan dan gaya hidup kita. Semoga tips ini bisa membantu, ya! (TR)