Kecepatan internet Indonesia memang masih berada di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan negara lain. Bayangkan saja, dengan banyaknya provider internet yang ada, tidak banyak yang bisa menjanjikan kecepatan internet yang setara dengan koneksi di negara maju. Mau seberapa pun kuota yang kita miliki, tampaknya tidak terpengaruh dengan kecepatannya. Sebel banget kan ketika kita membutuhkan koneksi cepat tapi sinyal internet tampaknya tidak mau bekerja sama dengan kita? Ugh!

Sinyal lemah smartphone

Sinyal lemah smartphone

Eits, jangan sedih dulu, guys! Ternyata, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sinyal internet di ponsel, tidak peduli apa pun provider internet yang kamu gunakan. Ini dia tips-nya:

Cari tempat terbuka

Saat darurat sinyal, hal yang paling mudah dilakukan adalah mencari tempat terbuka yang tidak terhalang apa pun. Bahkan, kalau bisa cobalah mendekat ke tower telepon terdekat untuk mem-boost sinyal internetmu.

Restart ponsel

Kalau di tempat terbuka internetmu masih lemot, cobalah untuk mematikan perangkat elektronikmu selama beberapa saat kemudian nyalakan lagi. Apakah cara ini efektif? Jawabannya sangat tentatif. Efektif karena ponsel kita secara otomatif akan kembali ‘mencari’ sinyal sesaat setelah dimatikan, dan kurang efektif karena batere ponsel kita akan cepat habis.

Jaga daya baterai agar jangan sampai low

Ketika baterai ponsel kita sudah merah atau sudah low, secara otomatis sinyal internet di ponsel kita pun akan semakin melambat. Pasalnya untuk mendapatkan sinyal yang cukup kencang, ponsel kita membutuhkan daya yang cukup besar pula. Untuk itu, selalu jaga agar ponsel kita terisi penuh, ya!

Pilih jaringan provider luas

Gunakan provider yang jaringannya cukup luas di daerah kamu. Tidak bisa dipungkiri, pasti ada beberapa provider yang sinyal internetnya sangat tinggi di daerah tertentu. Cari tahu provider apa itu sehingga kamu bisa internetan dengan nyaman.

Empat hal di atas adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan. Jika ingin koneksi internet semakin lancar, cobalah untuk meningkatkan kuota internet agar sinyal internet kita semakin lancar. Semoga bisa membantu, ya! (Tr)