Dibandingkan dengan alat musik lainnya, harpa termasuk ke dalam kategori alat musik yang cukup jarang diminati oleh masyarakat umum. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menemui alat musik ini di toko alat musik. Sebab, banyak juga kok toko yang menyediakan alat musik ini, meskipun mungkin tidak semuanya. Hanya saja, karena jumlah peminatnya sedikit, akibatnya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara merawat alat musik harpa atau bagaimana cara memainkannya.

Membersihkan alat musik harpa

Membersihkan alat musik harpa

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki alat ini, kamu nggak boleh hanya tahu cara memainkannya saja. Sebab, jika tidak dilakukan perawatan dengan cara yang tepat, maka akan berpengaruh pada keawetan dan juga suara yang dihasilkan. Salah satu cara merawat alat musik ini yaitu dengan memperhatikan kebersihannya, dengan cara berikut ini:

  • Setiap kali kamu akan memainkan alat musik ini, pastikan untuk membersihkan tanganmu terlebih dahulu. Hal ini akan mencegah harpa terkena berbagai kotoran yang berasal dari tangan, seperti keringat, debu, minyak, atau kotoran lain yang mungkin tidak kamu sadari.
  • Pastikan bahwa seluruh permukaan harpa selalu bersih dari debu. Caranya? Sederhana saja, yaitu dengan meluangkan waktumu setiap hari (jika memungkinkan) untuk melap seluruh lapisan harpa dengan kain kering yang lembut.
  • Perhatikan tempat penyimpanan harpa, dan pastikan kebersihan lokasi tersebut. Dengan menjaga kebersihan tempat penyimpanan harpa, maka kamu mungkin bisa sedikit longgar dalam mengatur waktu untuk melap harpa. Maksudnya, jika tempat penyimpanan ini kotor, mungkin kamu harus membersihkannya secara rutin setiap hari. Namun, jika kamu menyimpan harpa di tempat yang bersih, maka kamu bisa membersihkan alat musik ini setidaknya 2 hari sekali. Lumayan, kan?
  • Jika terdapat noda minyak pada harpa, bersihkan dengan kain lembut yang telah diberi sabun dan kemudian lap kembali dengan kain bersih untuk membersihkan sisa sabun. Namun, jangan menggunakan kain yang direndam, karena ini akan membuat harpa terlalu basah. Selain itu, pastikan harpa telah benar-benar kering saat disimpan.
  • Jika harpa milikmu berjenis glossy, bersihkan harpa secara rutin dengan minyak lemon. Ini akan mengembalikan tampilan mewah dari harpamu.

Nah, semoga tips tadi bisa mambantu Anda membersihkan alat musik harpa dengan lebih mudah dan aman. (Vita)