“Ugh, sebel banget ada komedo di area hidung! Bikin wajah jadi nggak bersih, deh!”

Memang, hampir sebagian besar perempuan setuju kalau keberadaan komedo itu sama menyebalkannya dengan keberadaan jerawat. Dua-duanya sama-sama mengganggu dan kalau dibiarkan akan semakin menjadi. Sebenarnya, kenapa komedo itu bisa muncul, ya? Komedo merupakan hasil dari sebuah fase ketika pori-pori tersumbat yang kemudian menghasilkan sebum berupa bintik hitam. Cara menghilangkan komedo pun sebenarnya beragam, misalnya saja dengan menggunakan produk perawatan kulit wajah yang banyak ditemukan di pasaran. Jika kulit kita termasuk ke dalam golongan kulit sensitif, maka menggunakan bahan-bahan alami bisa menjadi pilihan. Mau tahu bahan apa saja yang bisa digunakan? Ini dia daftarnya:

Ketumbar dan kunyit

Kedua bahan ini tidak hanya bagus digunakan untuk menjadi bahan penyedap makanan, lho. Baik ketumbar atau kunyit bisa membantu menghilangkan komedo dengan kandungannya. Caranya dengan menghaluskan kedua bahan ini dengan cara ditumbuk atau diblender, lalu balurkan pada wajah layaknya masker. Diamkan hingga kering lalu bilas.

Madu

Punya madu di rumah? Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah dengan cara mengoleskan madu di sekitar area hidung yang berkomedo. Tunggu sampai kering lalu bersihkan dengan air hangat.

Baking soda

Siapa sangka jika baking soda punya sejuta manfaat yang juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan? Pertama-tama, siapkan baking soda. Lalu campurkan dengan air secukupnya. Balurkan di area wajah dan diamkan selama setengah jam. Segera cuci setelah selesai.

Kopi

Kopi mampu mengangkat sel kulit mati jika digunakan, lho. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan kopi di area wajah setelah dicampurkan dengan gula, minyak zaitun, dan juga vitamin E. Efeknya bisa melembapkan kulit juga!

Putih telur

Cara membuatnya mudah saja, kok. Pisahkan putih telur dengan kuningnya, lalu ambil putih telur dan campurkan dengan madu. Setelah menjadi masker, oleskan di wajah dan tunggu sampai kering. Masker ini bisa dipakai setidaknya tiga kali seminggu, lho.

Tepung terigu

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat kue, tepung terigu juga bisa digunakan untuk menjadi masker. Campurkan dengan air mawar supaya wangi dan menimbulkan efek dingin, lalu balurkan di wajah. Hmm, segar!

Itu dia beberapa bahan alami untuk menghilangkan komedo yang bisa dimanfaatkan. Jangan lupa untuk memakainya secara rutin, ya! Selamat mencoba! (TR)