Angkat tangan jika kamu pernah membeli sesuatu (yang cukup mahal) ketika berburu diskonan dan tidak pernah dipakai lagi setelah dibeli. Coba deh ingat-ingat, berapa kali sih kamu mengulangi kesalahan ini (beli barang diskonan-nggak pernah dipakai-kemudian terlupakan) selama setahun? Atau mungkin ketika kamu memutuskan untuk membeli super fancy shoes yang harganya selangit, tapi kamu harus bertahan dengan mi instan setiap harinya sampai hari gajian tiba? Atau ketika kamu membeli produk perawatan kulit wajah yang lumayan mahal di salah satu toko online Korea, namun setelah digunakan ternyata tidak cocok dengan kulitmu?

Kesalahan-kesalahan ini tanpa sadar memang terus dan akan selalu kamu lakukan. Harus ada penanganan khusus nih supaya kamu nggak terus menerus terjebak di dalam lubang yang sama. Shopping is an art, tapi tetap harus ada batasan yang jelas agar tidak merugi nantinya. Jangan sampai uang bulananmu habis sebelum membayar kehidupan kebutuhan hari-harimu!

shopping-layaknya-profesional

Selalu tanya kepada diri sendiri

Sepatu ini bakalan dipakai nggak, ya? Baju ini cocok untuk dipakai ke kantor nggak, ya? Aku beneran pengin tas ini atau cuma impuls karena diskon aja?” Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, tetapi membantu sekali lho. Sebab dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu mau tak mau menjadi berpikir ulang untuk membeli sesuatu. Kalau setelah menanyakan pertanyaan ini dan jawaban kamu masih “yes!”, maka belilah. Jika jawabannya adalah “big no!”, maka tinggalkan. Toh, kamu masih bisa kembali lagi ke toko itu kalau kamu berubah pikiran.

Tentang diskonan

Ketika melihat banyak barang diskonan di mall atau toko online. jangan langsung kalap dan membeli semuanya. Coba pikirkan: apakah kamu akan membeli benda tersebut jika harganya tidak didiskon? Ingatlah bahwa kamu bukan membeli label harganya, tetapi bendanya! Jika kamu tidak ingin membelinya ketika harganya tidak didiskon, lantas buat apa membelinya ketika benda tersebut turun harga? Itu artinya kamu tidak benar-benar menginginkan benda tersebut.

Essentials vs Trends

Lebih baik menghabiskan uang di benda-benda yang essentials dan bertahan lama dibanding harus menghabiskan uang untuk membeli benda-benda yang Tren mode memiliki batas waktu tertentu dan ketika masanya sudah habis, maka barang tersebut bisa saja ketinggalan zaman. Lebih baik habiskan uang kamu untuk membeli benda-benda essentials yang bisa dipakai sepanjang waktu sekaligus mudah dipadupadankan.

Cara pencucian

Jangan pernah membeli suatu benda tanpa memerhatikan cara perawatan atau pencuciannya. Kalau kamu termasuk orang yang malas merawat benda-benda yang butuh penanganan khusus, maka hindari membeli benda yang seperti itu. Take a look at the washing tags. Jangan sampai salah beli items yang perlu dirawat dengan hati-hati.

Coba dulu sebelum membeli

Sekarang ini, ada banyak sekali toko yang memiliki kamar ganti untuk mencoba barang yang akan dibeli. Nah, manfaatkan fitur ini untuk ‘melihat’ seperti apa sih dirimu ketika menggunakan barang yang hendak dibeli? Apakah cocok? Apakah ukurannya pas? Jangan sampai ketika sudah dibeli dan dibawa ke rumah, kamu merasa tidak cocok dan harus kembali lagi ke toko. Khusus untuk kosmetik atau produk perawatan kecantikan, bacalah komposisinya atau cobalah untuk melihat review terlebih dahulu. Bagaimana cara penggunaannya, cocokkah dengan jenis kulitmu, dan sebagainya. Atau bila perlu cobalah mengaplikasikan produkt tersebut di counter. Jangan sampai produk kecantikan yang mahal tersebut jadi tidak terpakai karena ternyata memiliki efek yang buruk pada kulitmu

Itu dia lima langkah untuk berbelanja layaknya seorang profesional. Semoga bisa membantu, ya!