Kawasan pegunungan identik dengan olahraga ekstrim yang memacu adrenalin seperti berkendara dengan menggunakan sepeda MTB, berselancar di permukaan gunung merapi, atau bahkan melakukan bungee jumping dari ketinggian tertentu. Nah, pernahkah terpikir oleh Anda untuk menikmati keindahan dari atas ketinggian puncak gunung? Bukan untuk mengetes adrenalin melainkan untuk bersantai dan melepas lelah? Sebuah pondok di Swiss yang diberi nama Solvay Hut didirikan di bibir Matterhorn dan memungkinkan Anda untuk bersantai, meminum cokelat panas, dan menikmati pantulan sinar matahari yang menerangi permukaan salju.

Pondok Sulvay Hut di bibir Matterhorn

Pondok Sulvay Hut di bibir Matterhorn

Solvay Hut merupakan pondok tertinggi yang ada di Matterhorn dengan ketinggian setidaknya 4003 meter atau 13.133 kaki dari permukaan. Matterhorn sendiri merupakan puncak gunung bersalju yang menjadi bagian dari kawasan Pegunungan Alpen yang terkenal di Swiss. Setiap harinya, kawasan ini akan ramai dipenuhi pendaki yang berasal dari seluruh dunia. Pondok Solvay Hut bisa menampung sekitar 10 orang dan sering digunakan sebagai pondok darurat bagi para pendaki. Pemandangan dari depan pondok sangat menakjubkan sehingga tidak jarang pendaki sering duduk bersantai di bibir pondok untuk mengagumi keindahan Monte Rosa. Untuk mencapainya, diperlukan pendakian selama tiga jam dalam kondisi normal.

Pondok Sulvay Hut

Pondok Sulvay Hut

Solvay Hut dibangun pada bulan Agustus 1915 oleh seorang kimiawan belgia yang bernama Ernest Solvay. Pondok ini merupakan hasil dari dedikasi Ernest Solvay setelah beratus-ratus jam yang ia habiskan di Matterhorn. Ernest menyadari bahwa para pendaki memerlukan sebuah pondok darurat yang bisa dipakai untuk melepas lelah di tengah pendakian dan juga untuk berlindung ketika terjadi badai. Proses pembangunannya memakan waktu lima hari dengan melibatkan hewan dan mobil untuk membantu membawa material dan alat bangunan ke atas bukit. Pada tahun 1966, pondok ini mengalami proses renovasi di beberapa segmen bangunannya. Kini, di dalam Solvay Hut terdapat 10 tempat tidur, meja panjang untuk bercengkrama, dan juga sebuah radiotelepon. Solvay Hut juga termasuk ke dalam daftar bangunan tertinggi yang ada di seluruh dunia.  (Tr)