Sebenarnya bernyanyi merupakan hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tidak perlu suara yang merdu dan nyaring. Meskipun memiliki suara sumbang, yang penting kita bisa menjadi senang saat bernyanyi. Perlu  diketahui bahwa banyak manfaat dari bernyanyi loh! Bukan hanya sekedar hiburan ternyata bernyanyi itu baik untuk kesehatan emosional juga. Apalagi jika diiringi dengan alat musik seperti gitar misalnya, bernyanyi akan menjadi semakin seru dan mengasyikan. Kita hanya perlu pergi ke toko alat musik terdekat dan bebas memilih alat musik kesukaan kita. Sekarang mari simak manfaat bernyanyi apa aja sih yang baik untuk emosi kita.

  1. Meredakan Panik 

    Menyanyi untuk kestabilan emosi

    Menyanyi untuk kestabilan emosi

Kepanikan atau perasaan nervous sering kita alami ketika kita ingin maju memberikan speech, saat kita mau tampil lomba, atau ketika kita akan menghadapi interview. Selain berdoa untuk yang terbaik, hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kepanikanmu  yaitu dengan menyetel musik lewat handphone atau gadget yang kamu miliki. Disela-sela mendengarkan lagu, kamu bisa ikut menyanyikan lagu yang sedang kamu dengarkan. Rasa sesak yang kamu alami saat panik pasti akan berkurang seiring dengan nada-nada yang kamu lantunkan saat bernyanyi, trust me!

  1. Memadamkan Amarah

Sssst! Daripada menghabiskan energi dengan meneriakan hal yang sia-sia saat marah mendingan kita bernanyi untuk menenangkan emosi. Berteriak saat marah memang terkadang tidak dapat dihindari, namun ada baiknya jika kita menyelesaikan masalah secara tenang lalu menyalurakan emosi kita dengan menanyikan lagu-lagu keras seperti rock misalnya. Selain sama-sama meringankan beban, bernanyi juga merupakan hal yang lebih positif dibandingkan dengan teriak saat marah.

  1. Obat Patah Hati

Seperti judul lagu Efek Rumah Kaca – Cinta Melulu, memang kebanyakan lagu-lagu populer seringkali membahas tentang cinta melulu. Meskipun terkadang bosan mendengarkan lagu yang berkaitan tentang cinta, ada kalanya lagu cinta berfungsi untuk mengungkapkan perasaan kita. Biasanya saat patah hati banyak sekali hal yang kita rasakan dan tidak bisa terungkap dengan kata-kata.  Dengan menyanyikan lagu cinta kita dapat menyalurkan emosi kita dari lirik-lirik lagunya yang relevan dengan kisah kita. Hal ini dapat menghindari kita dari memendam emosi yang tidak baik untuk kesehatan.

Setelah mengetahui manfaat bernyanyi untuk kesehatan emosional, jangan pedulikan suara yang fals dan nyanyikanlah lagu-lagu favoritmu! (Rima)