Ketika kamu ingin membuat sesuatu dengan memanfaatkan pipa PVC, pasti ada saatnya kamu butuh menggunakan pipa yang tidak dalam kondisi lurus. Sayangnya, dimanapun kamu membeli dan berapapun harga pipa PVC yang dijual, pasti semuanya berada dalam kondisi lurus. Padahal pipa adalah material yang cukup keras dan kaku, jadi sulit untuk membengkokkannya.

Nah, kalau kamu sedang mengalami masalah ini, jangan keburu panik karena sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membengkokkan pipa. Tentunya kamu tidak bisa membengkokkannya begitu saja, kamu akan membutuhkan alat bantu. Daripada penasaran, langsung kita bahas saja yuk:

Membengkokan PVC

Membengkokan PVC

  • Kompor

Pertama siapkan pipa yang akan dibengkokkan. Sebisa mungkin, kamu sudah memotong pipa sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Kemudian nyalakan api di kompor dan letakkan pipa yang ingin dibengkokkan di atasnya. Panas dari api ini akan membuat pipa menjadi elastis sehingga bisa dibentuk sesuai kebutuhan. Namun ingat, hanya letakkan pipa di bagian atas api namun jangan sampai menyentuh api. Sebab akan membuat pipa menghitam dan tidak akan bagus dilihat.

  • Hair dryer

Jika kamu takut pipa akan terbakar jika menggunakan api yang menyala, kamu juga bisa menggunakan hair dryer. Nyalakan hair dryer dengan suhu yang paling panas dan arahkan tepat pada bagian pipa yang ingin dibengkokkan. Jika pipa sudah cukup panas, maka kamu bisa mulai membentukkan secara perlahan. Paanaskan kembali jika kamu merasa pipa sudah mulai dingin dan kaku.

  • PVC Bendit

PVC bendit adalah sebuah alat khusus untuk membengkokkan pipa. Alat ini berbentuk seperti per padat dan mengalirkan panas. Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan alat ini ke dalam pipa kemudian menyalakannya. Setelah cukup panas, kamu tinggal membentuk pipa sesukamu sesuai kebutuhan. Pada saat membengkokkan pipa, kamu tidak perlu mengeluarkan alat ini karena alat ini sangat elastis.

Berbeda dengan membengkokkan pipa dengan PVC bendit, jika kamu memilih untuk membengkokkan pipa dengan kompor ataupun hair dryer kamu harus mengisi pipa dengan pasir hingga penuh. Tujuannya adalah untuk menjaga agar diameter pipa tetap terjaga pada saat proses pembengkokkan. Sebab terkadang pada saat proses pembengkokkan ini pipa justru akan menekuk dan membentuk sudut. Pasir yang diisikan pada pipa ini akan menjaga agar pipa membengkok dan bukan menekuk untuk membuat sudut lancip. Sebab sudut lancip seperti inilah yang biasanya membuat pipa tersumbat, khususnya pada bagian saluran cuci piring yang cenderung membawa banyak sampah berukuran kecil. Menghindari adanya sudut lancip ini dapat menjadi salah satu cara agar saluran cuci piring tidak tersumbat.

Nah, sudah tahu caranya, sekarang tinggal berkreasi dengan pipa PVC. Selamat mencoba. (Vita)