Bukan menjadi rahasia umum lagi kalau London memiliki tempat-tempat legendaris yang cocok untuk dikunjungi bagi kalian yang suka dengan literatur. Mulai dari destinasi wisata hingga museum, ada banyak sekali tempat yang bisa dieksplorasi untuk mengenali sejarah kesusastraan di Eropa. Bahkan, tidak hanya itu, ada pula bar-bar literatur yang menarik untuk dikunjungi. Buat kamu yang hendak berkunjung ke London, jangan lupa siapkan asuransi perjalanan dan juga catat tempat-tempat di bawah ini.

  1. The Fable, Holborn
Fable Bar London

Fable Bar Holborn cr:Google

Ini dia surganya untuk kamu yang suka buku! Dengan literary décor yang terang dan berlantai parket, dijamin kamu akan betah berlama-lama berada di dalam The Fable. Di sini kamu bisa melihat dekorasi dinding dengan nama-nama penulis hebat dunia, serta rak bir di belakang meja bar yang dibentuk menyerupai rak buku. Tidak hanya itu, terdapat juga sudut unik berupa meja besar dengan bangku melingkar yang dihiasi tumpukan buku di sekelilingnya. The Fable yang terletak di distrik Holborn ini tidak hanya cocok dijadikan tempat bersantap, tapi juga untuk menikmati me time sambil membaca buku favoritmu.

  1. The Book and Record Bar, West Norwood
The Book and Record

The Book and Record West Norwood, cr: Googl

Bagi kamu yang menyukai musik dan buku, bar yang ada di West Norwood ini tentu tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke London. The Book and Record Bar memiliki koleksi novel dan album musik klasik yang sangat beragam. Kamu bisa berkunjung ke bar ini untuk membaca buku sambil menikmati bir favorit, serta menikmati live show dari band setempat.

  1. The Library, Covent Garden
The Library Covent Garden

The Library Covent Garden, cr: Google

Bagi kamu yang gemar membaca dan menyukai hal yang eksklusif, Library Bar yang ada di Covent Garden adalah tempat yang wajib dikunjungi. Pasalnya, bar ini mempunyai sebuah perkumpulan yang dinamakan Library Club. Lalu, apa istimewanya Library Club ini? Untuk menjadi anggota di Library Club, pihak Library Bar menerapkan seleksi yang cukup ketat dan memberikan anggaran tertentu bagi para calon anggota. Jika berhasil diterima, setiap anggota akan mendapatkan privilege seperti mengakses ruang baca, mencicipi menu di bar, hingga menginap di kamar yang disediakan.

Nah, jadi jangan lupa mengunjungi bar buku tadi saat kamu melancong ke London ya! Selamat berkunjung!