Di manakah biasanya Anda menyimpan back up data dari laptop atau komputer? Bila jawaban Anda hanya hard disk external maka artinya data Anda masih belum aman. Ya, data yang Anda simpan dalam hard disk masih bisa rusak atau hilang bila terjadi sesuatu pada hard disk tersebut, misalnya saja rusak karena kebanjiran, atau hilang. Karena itulah,  Anda perlu juga menyimpan data secara online atau menggunakan servis penyimpanan cloud Indonesia.

Penyimpanan cloud atau cloud storage merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan data secara online dan mengaksesnya di mana saja. Bahkan, saat ini menggunakan cloud menjadi trend, meskipun tetap ada tantangannya. Hal ini wajar saja, karena cloud masih termasuk sebuah teknologi yang cukup baru, sehingga masih banyak masyarakat yang hanya mengenal fungsi cloud sebagai tempat backup data, tanpa pemahaman lebih dalam lagi.

Jika Anda tertarik untuk mencoba cloud sebagai aplikasi untuk backup online data PC, sudah banyak aplikasi backup online yang bisa Anda gunakan, misalnya saja 3 aplikasi berikut ini:

Carbonite 

Aplikasi backup data online Carbonite

Aplikasi backup data online Carbonite

Apliaksi carbonite memungkinkan Anda untuk membackup seluruh data dari sistem windows, mulai dari musik, email, hingga file lainnya. Selain melalui desktop, data-data tersebut juga bisa diakses melalui smartphone Anda. Ada dua paket berbayar yang bisa dipilih, yakni Home Plus yang menungkinkan Anda mem-backup data tidak hanya dari komputer namun juga dari hard disk eksternal, dan Home Premier plan yang layanan tambahan berupa back up otomatis terhadap file video dan layanan backup data ke hard drive yang akan diantarkan langsung ke Anda segera.

Backblaze

Aplikasi backup data online Backblaze

Aplikasi backup data online Backblaze

Aplikasi ini disebut sebagai aplikasi backup online yang paling mudah digunakan, bahkan oleh orang yang buta teknologi sekalipun. Backblaze memungkinkan Anda untuk membackup seluruh data Anda tanpa harus pusing bila terjadi kesalahan pada data tadi. Sama seperti backup data online lainnya, data Anda akan di-enkripsi sehingga hanya Andalah yang dapat mengaksesnya. Pada awalnya, Anda hanya akan diberikan kapasitas maksimal sebesar 4GB untuk backup, namun kapasitas ini bisa Anda tambahkan. Jadwal backup pun bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan.

CrashPlan

Aplikasi backup data online CrashPlan

Aplikasi backup data online CrashPlan

CrashPlan memungkinkan Anda untuk membackup data Anda, baik dari komputer Anda, hard disk eksternal, komputer lainnya di network yang sama, bahkan dari komputer teman Anda secara online. Sama seperti aplikasi lainnya, selama proses backup Anda bisa membuka program lainnya tanpa mengganggu proses tersebut. Anda bahkan bisa membackup data di gadget mobile Anda. Mirip seperti Carbonite, CrashPlan juga dapat mengantarkan data Anda langsung ke rumah Anda di dengan mengguankan hard disk eksternal bila sewaktu-waktu diperlukan atau ada kebutuhan mendadak.

Lalu manakah yang terbaik? Hmm, untuk mengetahuinya, silakan Anda mencobanya sendiri, ya! (raw)