Memiliki bayi atau balita memang sangat membanggakan dan menyenangkan untuk para orangtua. Melihat tingkah lucunya didalam rumah saja sudah bisa membuat anda gemas. Sayangnya bayi atau balita yang berada dirumah bukan berarti selalu aman sebab didalam rumah juga terdapat potensi bahaya yang bisa mengamcam kesalamatan bayi da balita anda. Sebagai orangtua yang baik, anda perlu meningkatkan kewaspadaan anda untuk menjaga buah hati anda dari bahaya yang mengancam jiwanya. Lantas bagaimana caranya meningkatkan kewasapadaan bayi atau balita didalam rumah?

baby-proofTidak bisa dipungkiri anda tidak mungkin bisa mengawasi buah hati anda selama 24 jam non stop. Namun anda bisa meminimalisir potensi bahaya yang bisa mengancam buah hati anda dengan menyiapkan sebuah ruang kamar “Baby Proof”. Ruang Baby Proof adalah ruangan yang khusus dirancang untuk bayi atau balita anda. Sehingga anda bisa sedikit lebih santai mengawasinya. Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat ruangan khusus bayi atau balita ini? Yuk simak moms!

  1. Kamar Tidur yang aman untuk anak

Saat bayi atau sudah beranjak balita, anak anda pun akan lebih aktif. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat ia terbangun dari bangunnya dan tidak anda awasi saat tidur, anda bisa membelikan kamar tidur khusus anda yang sudah diberikan pengaman berupa pagar disekeliling kasurnya. Selain itu perhatikan juga seprei yang digunakan untuk anak sudah menutup kasur sehingga tidak mudah ditarik oleh gerakan anak.

  1. Alas yang empuk

Supaya mencegah anak anda tepeleset. Lebih baik tambahkan karpet pada bagian lantai kamar ini. Pilihlah karpet yang berkulitas dan usahakan karpet bebas dari debu yang bisa memicu gangguan pernafasan pada anak anda.

  1. Gunakan Rak Terbuka

Untuk terlihat lebih rapi, anda bisa menggunakan rak terbuka untuk menyimpan seluruh mainan anak anda. Rak terbuka juga bisa membuat anak anda tidak kesulitan saat ingin memainkan mainannya kembali. Pastikan mainan yang ia punya juga aman untuk dimainakan seusianya. Hindari mainan yang terlalu kecil dan terbuat dari bahan-bahan yang mudah pecah.

  1. Tidak Perlu Pakai Kamar Mandi

Sejatinya anak yang masih bayi atau balita belum bisa mandi sendiri. Untuk mencegah resiko akibat kamar mandi, Baby Proof tidak memerlukan kamar mandi. Dengan begitu anak anda tetap aman meski berada dikamar sendirian.

  1. Tidak Perlu ada furniture lain

Keselamatan anak adalah hal yang utama. Sebaiknya jangan meletakkan furniture apapun didalam ruangan Baby Proof sebab anak akan aktif dan penasaran dengan benda-benda yang ada disekitarnya.

Itulah tips membuat ruangan Baby Proof. Dengan ruangan ini anda tidak perlu cemas jika anda ingin pergi ke dapur untuk sekedar memasak atau mencuci pakaian. Semua perlengkapan bayi yang anda butuhkan untuk mempersiapkan ruangan Baby Proof  tersedia di MatahariMall. Toko online perlengkapan bayi ini menyediakan kasur, mainan, hingga perlatan untuk bayi dan balita anda. Ada banyak ribuan perlengkapan bayi di MatahariMall. Anda tidak perlu menghabiskan waktu diluar hanya untuk membeli perlengkapan atau kebutuhan bayi anda. Belanja murah, aman, dan menyenangkan hanya di MatahariMall.com.