Siapa yang tidak merasa senang ketika mendengar dirinya tengah hamil? Kehamilan memang menjadi hal paling ditunggu-tunggu bagi pengantin baru. Sayangnya, saat hamil muda calon ibu biasanya didera dengan rasa mual yang kadang-kadang bisa sangat mengganggu. Apalagi bila rasa mual ini juga dibarengi dengan kondis fisik yang lemah, duh rasanya ingin tetap berbaring saja di tempat tidur.

Tapi, rasa mual atau morning sickness ini bukan tidak bisa diminimalisir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para calon ibu untuk mengurangi efek mual selama kehamilan muda ini, di antaranya:

Istirahat yang banyak

Usahakan untuk setidaknya tidur selama 8 jam sehari dan segeralah beristirahat saat badan terasa lelah. Jangan lupa mematikan lampu kamar dan gunakan masker untuk mata sehingga Anda bisa benar-benar tidur dengan nyenyak. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan bantal khsusu ibu hamil yang bisa menjaga punggung dan perut Anda.

cegah mual saat hamil muda

cegah mual saat hamil muda

Cari tahu penyebab mual

Cobalah untuk mencatat kapan saja Anda merasa mual, apakah saat mencium wangi masakan atau saat makana makanan tertentu? Penyebab mual ternyata bisa berbeda-beda pada setiap orang, dengan mengetahui penyebab mual di saat hamil muda ini, Anda bisa lebih mudah untuk mempersiapkan langkah untuk menghindarinya.

Cuti kerja

Menjadi seorang ibu sekaligus memiliki karir bukan hal yang mustahil, namun saat Anda hamil muda kadang rasanya bangun dari tempat tidur saja sangat sulit. Nah, kalau sudah begini, tidak ada salahnya untuk cuti dari kantor. Anda berhak untuk mendapatkan istrihat tersebut mengingat tubuh Anda sudah “bekerja keras” dalam menjaga bayi di dalam kandungan.

Cium wewangian segar

Lemon, peppermint,  dan rosemary segar memiliki wangi segar yang cukup ampuh dalam menghilangkan wewangian lain yang kadang membuat kita mual. Misalnya saja aroma tubuh penumpang angkutan umum, atau parfum dari teman kerja Anda. Jadi, cobalah untuk membawa salah satu dari bahan tersebut dalam tas Anda ketika bepergian ke luar rumah. Segeralah cium lemon atau peppermint dan rosemary segar tadi ketika Anda mulai mencium bau-bauan yang membuat mual.

Makanan yang cocok

Kadang makanan juga menjadi salah satu penyebab dari mual di masa kehamilan ini. Beberapa orang bahkan merasakan mual setiap kali masuk makanan. Ini tentunya tidak baik mengingat calon bayi dalam kandungan tentunya memerlukan nutrisi dari makan si ibu. Cara mengatasinya sederhana saja, konsumsi saja makanan yang memang tidak membuat Anda mual, apapun itu bahkan termasuk makanan pedas atau berminyak.

Makanan kecil

Perut yang kosong selama hamil bisa membuat gejala mual ini semakin parah. Karena itu selalu siapkan makanan kecil seperti biscuit atau kue-kue kering yang bisa dengan mudah kita comot sepanjang hari saat perut mulai terasa lapar.

Minum air putih

Semakin tubuh Anda kekurangan cairan, maka Anda juga akan merasa semakin mual. Karenanya sebisa mungkin minumlah 8 gelas air putih dalam sehari. Bila Anda merasa kesulitan untuk selalu minum air putih sebanyak 8 gelas ini, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, misalnya dengan menyemil biskuit atau keripik asin yang akan membuat Anda merasa haus atau dengan mengunyah es batu.

Selain masalah mual ini, masih ada beberapa hal lain yang sering dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya yaitu kulit kepala yang menjadi berminyak akibat perubahan sistem metabolisme tubuh. Namun, seperti halnya rasa mual, berbagai hal tidak menyenangkan yang dirasakan ibu hamil inipun dapat diatasi dengan beberapa cara. (raw)