Asuransi  seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah atau barang-barang, dan kendaraan tentunya sangat penting untuk dimiliki. Namun, tidak semua orang dapat langsung mengerti dan memahami pentingnya  asuransi tersebut. Tidak sedikit yang mungkin membutuhkan penjelasan yang lebih sederhana agar lebih mudah dicerna dan dipahami. Untuk itulah, sebagai usaha untuk menarik pelanggan, beberapa perusahaan asuransi di luar negeri selain menayangkan konvensional, juga menggunakan maskot-maskot yang menarik untuk membuat nama mereka lebih diingat dan iklan mereka lebih mudah dimengerti.

Maskot asuransi di luar negeri

Maskot asuransi di luar negeri

Berikut adalah beberapa maskot asuransi dari luar negeri yang paling populer:

  • Erin, tokoh kartun buatan perusahaan asuransi otomotif Esurance. Erin adalah seorang agen rahasia yang menyamar sebagai agen asuransi. Taktik ini dipilih untuk mengidentikkan image bisnis asuransi yang kurang disukai dengan tokoh superhero yang biasanya lebih populer. Pada tiga tahun pertamanya, Erin telah membintangi lebih dari 30 iklan dari Esurance. Salah satu iklannya dapat dilihat di sini:

https://www.youtube.com/watch?v=I5Zn_rZ9u8E#action=share

  • GEICO Cavemen pertama muncul pada tahun 2004 di iklan buatan perusahaan asuransi otomotif GEICO, yang menyandang taglineso easy, a caveman could do it’. Para manusia gua yang ternyata masih banyak hidup di dunia modern digambarkan tersinggung oleh tagline Salah satu iklan GEICO Cavemen:

https://www.youtube.com/watch?v=e8aj1AlYvxIa

  • Mayhem, yang diciptakan perusahaan asuransi Allstate, memiliki karakter Mayhem yang diperankan oleh aktor Dean Winters. Mayhem dimaksudkan sebagai personifikasi musibah apapun yang dapat menimpa mereka yang tidak memiliki asuransi, mulai dari kerusuhan setelah pertandingan football hingga pemanas air yang rusak. Kompilasi iklan Mayhem:

https://www.youtube.com/watch?v=ErGzrPGJmoY

  • GEICO Gecko adalah kadal dengan aksen Cockney yang pertama muncul pada tahun 1999 dan berperan sebagai spokesman GEICO. Kadal ini terbukti sangat populer di audience semua umur, maka GEICO Gecko tetap aktif sebagai salah satu maskot GEICO sampai sekarang. Ini salah satu contoh iklan GEICO Gecko:

https://www.youtube.com/watch?list=PLB76D447FDD427225&v=hnLaDOLaj3I

Mungkin saja artikel ini dapat menjadi inspirasi pagi penyedia asuransi di Indonesia untuk dapat membuat karakter-karakter maskot yang unik dan memorable untuk mempromosikan asuransinya. (Dana)