Investasi atau asuransi, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan, mana yang sebaiknya lebih dulu dimiliki? Pertanyaan tersebut mungkin saja pernah terbesit di benak Anda. Keduanya memang merupakan hal penting yang dimiliki, terutama di masa sekarang ini. Bagi Anda yang memiliki dana cukup, memiliki keduannya sekalgus tentu bukan hal yang sulit. Namun, lain lagi dengan Anda yang memiliki dana terbatas, tentunya harus memilih salah satu untuk dimiliki. Lalu manakah dari dua pilihan tadi yang sebaiknya dimiliki lebih dulu?

Saat ini banyak orang yang salah kaprah dan justru menggunakan investasi sebagai asuransi mereka. Padahal, seperti Anda tahu, asuransi dan investasi memiliki fungsi yang jauh berbeda. Asuransi berfungsi sebagai perlindungan bagi keuangan Anda dan keluarga, sementara investasi berperan sebagai modal Anda di masa depan. Berdasarkan fungsi tersebut, asuransi penting untuk lebih dulu dimiliki dibandingkan dengan investasi.

pilih-asuransi-atau-investasi

pilih-asuransi-atau-investasi

Asuransi penting dimiliki karena selama kesehatan Anda terlindungi, maka dengan sendirinya modal bisa Anda cari. Sebagai gambaran, misalnya saja Anda atau pasangan Anda mengalami kecelakaan atau sakit yang membutuhkan penanganan segera dengan biaya yang besar. Dengan memiliki asuransi maka seluruh investasi, asuransi, asuransi jiwa,biaya tersebut sudah ter-cover oleh asuransi tersebut. Berbeda dengan bila Anda hanya memiliki investasi saja. Tentunya akan lebih sulit bila Anda harus menjual mobil, rumah atau mengambil dana investasi Anda untuk membiayai ongkos rumah sakit.

Asuransi, terutama asuransi jiwa tidak hanya melindungi Anda, namun juga keluarga. Bila satu keluarga memiliki satu orang pencari nafkah saja maka asuransi jiwa menjadi sesuatu yang penting dimiliki. Ini untuk memastikan apabila terjadi sesuatu pada pencari nafkah, maka kehidupan keluarga setelahnya masih bisa terjamin hingga beberapa waktu.

Selain menjamin kehidupan keluarga, asuransi juga berguna untuk melindungi aset-aset yang dimiliki, misalnya saja mobil dan rumah. Perlindungan pada aset ini penting, mengingat kerugian yang ditimbulkan bisa sangat besar. Dalam memilih asuransi untuk aset ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jenis perlindungan yang dipilih, apakah perlindungan secara lengkap atau hanya untuk beberapa kerusakan/kerugian saja. Tentunya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan Anda.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan prioritas Anda dan keluarga. (raw)