Satu hal penting yang harus ada saat hendak melakukan pengiriman barang, baik pengiriman internasional maupun lokal, adalah bubble wrap. Gelembung plastik ini berfungsi untuk menjaga barang yang dikirim tetap utuh hingga sampai ke alamat tujuan, terutama bila barang tersebut adalah barang pecah belah yang mudah rusak atau barang eletronik. Bubble wrap sendiri sebenarnya sudah cukup mudah untuk kita temukan. Sudah ada beberapa toko online dan toko khusus kado yang menjual plastik berisi udara ini.

Bubble wrap

Bubble wrap

Namun, kadang kita bertemu dengan kondisi saat waktu pengiriman sudah mepet sementara kita sedang tidak memiliki cadangan bubble wrap di rumah. Kalau sudah begini kita harus putar otak untuk mencari penggantinya. Nah, jangan keburu panik dulu, alternatif penganti bubble wrap ini bisa kok dengan mudah ditemukan di rumah kita. Berikut beberapa alternatif yang bisa digunakan, di antaranya:

Kertas koran

Tumpukan koran biasanya adalah pemandangan yang sering ditemukan di rumah. Nah, daripada tertumpuk begitu saja, kita bisa memanfaatkannya sebagai pengganti bubble wrap. Caranya mudah, cukup buntal-buntalkan kertas koran dan selipkan di antara barang dan kardus pembungkus. Agar lebih aman lagi, kita juga bisa bungkus barang tersebut dengan kertas koran sebelumnya.

Pengganti bubble wrap

Pengganti bubble wrap

Plastik bekas belanja

Satu lagi yang biasanya menumpuk di rumah adalah plastik bekas belanjaan. Sama seperti kertas koran, manfaatkan plastik ini dengan cara membungkus barang yang dikirim dan menggulung-gulung sisanya, kemudian diselipkan di antaranya barang dan kardus pembungkus. Selain mencegah barang terguncang-guncang, plastik juga bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap kerusakan yang disebabkan oleh air. Ini penting sekali terutama saat kita melakukan pengiriman internasional menggunakan jalur laut.

Sobekan kertas bekas kantor

Biasanya kantor akan menghancurkan dokumen-dokumen yang sudah tidak terpakai dengan menggunakan mesin penghancur kertas. Sobekan kertas ini bisa memberikan perlindungan yang cukup baik bagi barang yang dikirimkan. Hanya saja, ada satu kelemahan dari sobekan kertas ini, yakni kita masih bisa menemukan sisa-sisa dari kertas ini meskipun kita sudah mengirimkan atau menerima barang tersebut beberapa bulan lamanya.

Plastik berisi udara

Barang pengganti berikutnya memang agak sedikit memakan tenaga, yakni dengan mengisis plastik menggunakan udara sebagai pengganti bubble wrap. Plastik yang digunakan adalah plastik kiloan atau plastik untuk es mambo. Efeknya mirip sekali dengan bubble wrap.

Semua cara tadi selain efektif sebagai pengganti bubble wrap, juga lebih ramah lingkungan karena kita memanfaatkan benda-benda yang tidak terpakai di rumah. Meski, memang, sih, setelah digunakan kita kehilangan sensasi nikmat memencet-mencet udara yang ada di bubble wrap, ya. (raw)