ukm

image source: Coding Owl Designs

Bagi Anda yang memiliki jiwa wirausaha, pasti akan merasa bosan bekerja di perkantoran. Namun ingin memiliki usaha sendiri tidaklah mudah karena membutuhkan modal yang tidak sedikit. Meskipun saat ini sudah ada Aplikasi UKM yang bisa membantu untuk menyediakan modal usaha, namun jika usaha ini gagal atau mengalami masalah artinya Anda akan memiliki tanggungan hutang yang harus dibayarkan.

Yap, cukup banyak juga orang yang merasa ragu mengambil pinjaman usaha karena takut tidak mampu mengembalikan. Apalagi jika Anda sudah mengorbankan diri dengan keluar dari pekerjaan tetap Anda demi usaha yang Anda rintis. Jika sampai usaha tersebut gagal dan Anda sudah tidak lagi memiliki penghasilan tetap, lalu darimana bisa mendapatkan uang untuk membayar cicilan hutang tersebut?

Nah, jika Anda saat ini sedang mengalami masalah tersebut, sebenarnya Anda tetap bisa loh berwirausaha sambil tetap bekerja di perusahaan Anda saat ini. Setidaknya, ada dua jenis usaha yang bisa Anda jalankan sebagai sambilan dari pekerjaan tetap Anda, diantaranya:

Online Shop

Mau mencari apapun saat ini sudah sangat mudah, tinggal buka aplikasi di smartphone, cari barang yang dibutuhkan dan beli. Tidak lama barang yang dibeli akan sampai ke alamat Anda. Nah, jika selama ini Anda sering melakukan hal tersebut dan bertindak hanya secagai konsumen, kenapa Anda tidak mencoba untuk berubah peran dan menjadi penjual.

Saat ini ada beberapa jenis transaksi yang banyak digunakan oleh para penjual, salah satunya yaitu sistem droppship. Dengan sistem ini, Anda bahkan tidak membutuhkan modal usaha. Anda hanya perlu mencari pihak supplier atau produsen untuk diajak kerjasama, dan kemudian Anda membantu memasarkan produk mereka. Jika Anda mendapatkan pembeli, maka pembeli tersebut akan membayar pada Anda dan kemudian uang tersebutlah yang akan Anda bayarkan pada produsen setelah dikurangi keuntungan. Nantinya, produsen langsung yang akan mengirimkan pada pembeli namun dengan mencantumkan kontak Anda sebagai pengirim.

Usaha makanan

Jika Anda hobi membuat kue, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan hobi ini untuk mencari penghasilan. Caranya Anda bisa membuat kue dan kemudian menawarkan pada orang di sekitar Anda. Usahakan agar Anda menjual makanan yang cukup tahan lama sehingga Anda bisa membuatnya pada weekend namun tetap bisa memasarkannya kapanpun. Banyak loh jenis UKM di bidang kuliner yang sudah berhasil.

Setelah Anda mendapatkan modal yang cukup dari usaha di atas, maka langkah selanjutnya bisa Anda putuskan sendiri. Apakah Anda akan tetap menjadikan usaha tersebut sebagai sambilan, ataukah Anda memilih untuk resign dari kantor dan fokus pada usaha Anda. Semoga berhasil. (Vita)