Saat ini, banyak masyarakat yang lebih menyukai berbagai hal yang serba praktis, cepat, dan mudah. Hal ini berlaku juga untuk makanan yang dikonsumsi. Karena itulah, restoran fast food yang menyajikan makanan dengan cepat, dan memiliki rasa yang nikmat menjadi pilihan banyak masyarakat saat ini. Sementara, tingkat kesibukan masyarakat saat ini yang semakin tinggi membuat sebagian besar masyarakat kesulitan mengatur waktu untuk berolahraga. Padahal, kegiatan mereka sehari-hari biasanya hanya duduk dan bekerja, sehingga tidak terlalu banyak kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Tidak seimbangnya jumlah kalori yang masuk dengan kalori yang keluar membuat banyak masyarakat yang akhirnya mengalami masalah dengan berat badan. Agar berat badan tetap terjaga, tentunya masyarakat harus memikirkan cara menurunkan berat badan yang dapat mereka lakukan disela waktu kesibukan mereka.

cara-menurunkan-berat-badan

cara-menurunkan-berat-badan

Terkadang, tidak perlu melakukan hal besar untuk dapat mengurangi berat badan dengan efektif. Hanya dengan sedikit perubahan kebiasaan, penurunan berat badan akan sudah dapat terlihat. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Catatlah apa yang Anda makan. Dengan menyadari dan mencatat apa yang Anda sudah makan dalam satu hari, konsumsi makanan dan ngemil sehari-hari dapat dikurangi.
  2. Mulailah berolahraga kecil. Ketika acara TV yang Anda tonton sedang iklan, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas kecil, seperti melompat, berlari, atau gerakan lainnya.
  3. Batasi makanan berkalori dan berlemak tinggi seperti permen, es krim, kentang goreng, dan keripik kentang.
  4. Luangkan waktu untuk beraktivitas fisik setiap harinya, setidaknya 30 menit berjalan setiap hari. Ini tidak harus dilakukan dalam satu waktu, namun bisa berupa akumulasi. Misalnya jalan selama 10 menit saat menuju kantor, ditambah dengan jalan selama 10 menit selama makan siang, dan 10 menit lagi saat pulang dari kantor.
  5. Lakukanlah latihan kekuatan seperti push-up, squat, dan sit-up dalam jumlah kecil setiap harinya.
  6. Naikilah tangga sekitar 3-5 lantai setiap harinya, karena menambah beberapa menit menaiki tangga dapat mengurangi peningkatan berat badan.
  7. Bawalah pedometer, karena penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna pedometer melangkah 2500 langkah lebih banyak per harinya.
  8. Membawa bekal akan membuat Anda dapat mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, sekaligus dapat mengontrol pengeluaran biaya makan.
  9. Kurangilah penggunaan kendaraan untuk tujuan yang berjarak hanya beberapa kilometer.
  10. Konsumsilah buah, bukan jus. Memakan buah memberikan lebih banyak serat dan karbohidrat.
  11. Buatlah kopi sendiri, karena kopi yang dibeli di coffeeshop seringkali mengandung banyak sekali kalori dan gula.
  12. Tidurlah lebih awal, karena penelitian menemukan bahwa kurang tidur beberapa malam saja dapat meningkatkan berat badan drastis.

Jika Anda berniat, mengurangi berat badan dengan hal-hal kecil tersebut bisa jadi sangat mudah. Kebiasaan baru yang terbentuk juga akan sangat membantu kesehatan Anda di masa yang akan datang. (Dana)